Tour Eiffel

| Jumat, 16 November 2012


Menara Eiffel merupakan salah satu keajaiban dunia dan memegang rekor bangunan tertinggi selama 40 tahun. Menara Eiffel merupakan bangunan yang paling menonjol di kota Paris dan dikenal di dunia sebagai symbol Negara Prancis.
Menara Eiffel dibangun dari tahun 1887 dan selesai 26 bulan kemudian pada tahun 1889. Menara Eiffel diresmikan pada tanggal 31 maret 1889 dan dibuka untuk umum pada 6 mei. Pengerjaannya sangat berbahaya, karena struktur bangunan sendiri bisa di atasi oleh Eiffel dan hanya memakan korban 1 orang.
Menara Eiffel dibangun oleh Gustave Eiffel yang dibantu oleh 2 insyiur Maurice Koechlin dan Emile Nouguier, serta Stephen Sauvester sebagai arsiteknya. Tujuan menara ini di bangun dalam rangka pekan pameran dunia dan juga dalam memperingati 100 harinya Revolusi Perancis. Rencana proyek ini dimulai pada tahun 1884.
Meskipun banyak masyarakat dan para kalangan intelektual yang mengencamnya, pembangunan menara ini tetap saja dilakukan.
bahan yang digunakan adalah Besi baja dikaitkan dalam bentuk persilangan dari 18.038 biji yang diperkuat dengan 2.500.000 paku. Kerangka dari karya Tuan Gustave Eiffel ini tahan angin dan walaupun bahannya dari besi, berat menara hanya 7.300 ton
Telah direncanakan menara ini akan dirobohkan setelah berlangsungnya pekan Pameran Dunia 1900. Akan tetapi, percobaan berhasil dari transmisi radio yang dikendalikan oleh Angkatan Bersentaja Perancis sebelum hari pemugaran, akhirnya menyelamatkan menara eiffe.Tinggi menara ini pada tahun 1889 adalah 312,27 meter. Sekarang tingginya 324 meter dengan tinggi antenanya. Saat ini berbagai perusahaan televise Perancis memasang antena mereka di puncak menara Eiffel. Setiap hari istimewa selalu ada panggung di bawahnya.
Angin dapat menyebabkan menara ini bergoyang sebanyak 6-7 cm dan panas dapat menyebabkan puncak menara menjauh hingga 8 cm dari matahari


Di Menara Eiffel, tujuh puluh dua nama ilmuwan, insinyur dan beberapa orang Perancis terkenal lainnya diabadikan karena jasanya oleh Gustave Eiffel. Nama-nama itu terdapat di sisi menara di bawah balkon pertama. Nama tersebut dihapus pada awal abad ke-20 dan dikembalikan tahun 1986-1987 oleh Société Nouvelle d'exploitation de la Tour Eiffel, sebuah perusahaan yang dikontrak untuk mengoperasikan bisnis yang berhubungan dengan Menara. Menara ini dimiliki oleh kota Paris. Daftar ini telah dikritik karena tidak memasukkan Sophie Germain, ahli matematika Perancis yang jasanya pada teori elastisitas membantu pembangunan menara ini.Penulis biografi Germain, Mozans, menyarankan agar namanya tidak dimasukkan karena ia seorang wanita.


 Awal pembuatan menara Eiffel pada tahun 1888:

Menara Eiffel tampak dari bawah:

Sekian informasi ini. sumber ini saya dapatkan dari berbagai informasi buku. gambar ini saya dapatkan dari sumber Google. Maklum ya belum pernah ke Paris.
Suatu saat saya akan kesana *Amin.
Paris, Perancis kota dan negara teromantis

0 Coments:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲