Kebaya Melayu

| Jumat, 22 Maret 2013


Hai hai, hari ini aku bakalan nge-posting tentang K E B A Y A. kalian tahu Kebaya? Tentu dongs, ituloh yang sering dipake kalo ibu-ibu kondangan gitu, apalagi bapak-bapak kondangan sering juga tuh pake kebaya *eh haha nggak lah, Cuma ibu-ibu nya aja yang pake, bapak-bapak nya pake baju kemeja lah. Perpisahan sekolah juga sering pake kebaya, wah Top pokoknya. Aku suka loh pake kebaya, tapi kebaya yang pas dengan badanku bukan kebaya minjem sama emak atau orang  -___- okelah daripada banyak cing-cong nya baca ya artikel yang aku buat dengan susah payah._.


“Kebaya bukanlah kata yang asing bagi masyarakat Indonesia. Baik Orang tua, wanita-wanita muda, hingga gadis remaja sangat menggemari kebaya. Meskipun kebaya telah menjadi kebutuhan, hingga saat ini asal usulnya masih simpang siur. Ada yang mengatakan kebaya berasal dari Arab, Portugis bahkan dari Cina. Terlepas dari berbagai teori tersebut, kebaya tetap menjadi busana favorit wanita Indonesia dari masa ke masa. Kini, kebaya sudah menjadi pilihan busana utama bagi kaum wanita dalam menghadiri acara-acara formal maupun non-formal (kondangan kali wkwkk).
Seringkali kaum wanita kesulitan dalam memilih model kebaya yang  sesuai dengan keinginannya. Hal ini mungkin disebabkan kebaya kebaya dipasaran memiliki model dan gaya yang hamper sama sehingga terlihat monoton dan membosankan. Padahal, kebaya memiliki “Banyak Celah” untuk diutak atik agar tampil Fresh dan Menarik.
Ada beragam teori mengenai asal-usul kebaya. Darimanapun asalnya dan apapun modelnya yang pasti kebaya akan menambah sentuhan feminim di setiap lekukan tubuh kalian. Kebaya awalnya dikenal sebagai  pakaian yang kerap dikenankan oleh wanita melayu. Namun, asal-usulnya hingga kini masih belum jelas. Ada teori yang menyatakan bahwa kebaya berasal dari bahasa Arab ‘habaya’ yang berarti pakaian labuh dengan belahan di bagian depan. Adapun teori yang dibawa oleh bangsa Portugis ke Malaka.
A.   Kebaya Melayu
Denys Lombard dalam bukunya Nusa Jawa: Silang Budaya  yang terbit pada tahun 1996 mengatakan bahwa kata kebaya berasal dari bahasa Arab ‘Habaya’  yang diperkenalkan melalui bahasa Portugis ketika bangsa Portugis mendarat di Asia Tenggara. Kebaya diartikan sebagai pakaian atasan (blouse)  pertama yang dipakai wanita Indonesia pada kurun waktu abad ke-15 atau ke-16 M. Argumen Lombard tsb masih dapat diterima bila ditelusuri berdasarkan analogi penelusuruan lingustik. Bahkan, hingga saat ini pun kita msh mengenal abaya (tunik khas Arab).
Ada juga teori lain mengenai kebaya. Sebagian orang percaya bahw kebaya berkaitan dengan pakaian tunik perempuan pada masa Kekaisaran Ming di Cina (Waaah =D). pengaruh ini ditularkan akibat terjadinya imigrasi besar-besaran bangsa Cina ke semenanjung Asia Selatan dan Tenggara pada abad ke-13---16 M.
Kebaya Melayu seringkali disebut dengan sebutan kebaya nyonya . adapun kebaya yang dikenakan oleh wanita Cina peranakan (Baba) dikenal dgn sebutan kebaya encim. Potongan dan gaya kebaya encim sedikit berbeda dengan kebaya nyonya.”

Sekian dulu ya Informasinya. Jangan lupa tinggalkan jejak kalian setelah baca artikel ini

0 Coments:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲